Tips Mengajar Anak TK dengan Menyenangkan

  • Bagikan
Tips Mengajar Anak TK dengan Menyenangkan
Tips Mengajar Anak TK dengan Menyenangkan
Oleh: Afin Nur Fariha

Tips mengajar anak TK dengan menyenangkan. Saat anak-anak berada di usia dini, mereka sedang berada dalam fase-fase yang sangat penting, atau disebut juga sebagai usia emas, yaitu usia dimana perkembangan anak sangat cepat.  Saat sel syaraf maupun sel otak mengalami perkembangannya hingga 80%. Di fase ini juga, seorang anak akan seperti seorang detective, mereka sangat bersemangat untuk mengeksplor dan bereksperiment dengan hal-hal baru.

Daya imajinasi dan daya kritis mereka sedang mekar dan berseri, sehingga mereka sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis juga pernyataan-pernyataan yang imajinatif. Selain imajinasi dan daya kritis, daya empati anak-anak juga amat tinggi. Oleh sebab itu, peran orangtua, orang dewasa di sekitar pun guru, sangat diperlukan untuk mendampingi tumbuh kembang anak agar lebih optimal. Berikut admin ulas sembilan tips mengajar anak-anak TK dengan menyenangkan.

  1. Gunakan Media Gambar

Anak-anak akan lebih mudah tertarik jika ilmu disajikan dalam bentuk gambar. Buatlah gambar-gambar yang kreatif agar anak bisa dengan mudah memahami apa yang coba ingin kita sampaikan. Juga dengan gambar-gambar, anak-anak dapat membayangkan apa yang kita  sampaikan dengan lebih konkret.

contoh media belajar anak
contoh media belajar anak
  1. Sertakan Warna-warna yang Menarik

Anak usia TK sangat tertarik dengan warna. Ketika akan mengajarkan sesuatu kepada anak TK, maka akan jauh lebih baik jika kita memakai beragam pilihan warna yang cerah dan disukai oleh anak-anak, selain itu juga akan membuat imajinasinya semakin tajam.

  1. Dampingi Belajar dengan Lagu-lagu

Anak-anak sangat mudah mengingat lagu. Gunakan lagu sebagai media untuk mengajar anak-anak usia TK. Ciptakan lagu dengan lirik yang berisikan ilmu atau pelajaran yang ingin kita sampaikan kepada anak-anak. Selain itu, lewat lagu-lagu, juga akan menjadikan suasana lebih bersemangat dan ceria.

  1. Ciptakan Suasana Dialog Dua Arah

Anak-anak akan cenderung cepat bosan jika hanya mendengar. Lain halnya jika kita juga memberikan kesempatan mereka untuk bicara maka suasana belajar akan jauh lebih menyenangkan. Dan kita juga bisa mendengar cerita lucu anak-anak. Dengan anak-anak aktif berbicara, jalinan komunikasi akan semakin hangat.

  1. Gunakan Boneka Tangan atau Boneka Jari

Anak-anak juga mudah sekali penasaran dengan dongeng-dongeng atau dengan hal yang unik, oleh sebab itu, kita bisa memanfaatkan boneka tangan atau boneka jari untuk membantu anak fokus terhadap apa yang ingin kita sampaikan.

memanfaatkan boneka tangan atau boneka jari untuk membantu anak fokus terhadap apa yang ingin kita sampaikan
  1. Ciptakan Ruang bagi Anak untuk Berekspresi

Seperti yang sudah diulas di awal, Anak usia TK memiliki kreativitas yang tinggi. keinginan berekspresi mereka pun juga  tinggi. Dengan itu, Ijinkan anak untuk bebas berkreasi misalnya dengan mengajak mereka menggambar, mewarnai, dan lain sebagainya.

  1. Sisipi dengan Permainan Edukatif

Usia anak-anak memang usia bermain. Akan tetapi jangan salah, justru dengan bermain daya imajinansi dan sosial emosionalnya dapat terasah dengan baik. Dengan itu, kita bisa mengajak mereka bermain aneka jenis games yang edukatif.

  1. Berikan Hadiah kepada Anak

Selain tanda apresiasi, hadiah juga merupakan tanda kasih. Sekecil apa itu, anak-anak akan sangat senang jika mereka diberi hadiah. Mereka merasa dihargai dan hal itu akan membuat mereka semakin semangat untuk belajar.

sekecil apa itu, anak-anak akan sangat senang jika mereka diberi hadiah.

Itulah Sembilan tips yang menyenangkan untuk damping anak TK belajar. Namun, tiap-tiap anak juga memiliki karakter yang berbeda-beda yang mana hal ini berpengaruh dengan cara belajar mereka, oleh karena itu, kita perlu menyesuaikan cara belajar dengan karakter masing-masing anak, agar proses belajar mengajar menyenangkan dan tidak jenuh.

  • Bagikan

Respon (1)

  1. Ping-balik: - Rumah Kata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *